Selamat Datang di Blog Saya. Silahkan Manfaatkan dengan sebaik-baiknya

Lagi - Lagi Seleksi.. Don't Panic Bro

Kamis, 03 Juli 2014
Hai…selamat bertemu lagi. Kesempatan kali ini mungkin saya akan sedikit sharing mengenai pengalaman selama proses seleksi MODP Muamalat, yang kurang lebih udah setaun yang lalu, tepatnya dimulai pada bulan agustus 2012. Kenapa saya tulis disini, karena bagi saya pengalaman itu memberikan saya banyak pengalaman yang mungkin belum tentu saya dapatkan di tempat lain. selain itu juga ada beberapa teman yang mendesak untuk menceritakan pengalaman saya, daripada saya cerita berkali2 lebih baik, saya tulis saja, hehehe

Ayo kita mulai. Saya adalah mahasiswi UNY angkatan 2008 yang kebetulan lulus pada bulan September 2012. Saat seleksi ini dimulai, sebenarnya saya belum wisuda, tapi sudah yudisium pada bulan Juli. Berikut ini tahap2 seleksinya

Seleksi administrasi
Seperti kebanyakan perusahaan lain, seleksi diawali dengan seleksi administrasi. Kalau tidak salah, saya mengetahui pengumuman ini dari internet. Karena syaratnya menurut saya mudah  yaitu, surat lamaran, CV, dan pas foto, maka langsung saja saya kirim via email. Alhamdulillah, ternyata saya memenuhi kualifikasi administrasi sehingga dipanggil untuk tes selanjutnya via sms, yaitu tes  awal dan interview.


2.Tes awal Perbankan Syariah dan Agama Islam

Tes awal ini dilaksanakan di GRHA SABA UGM, dengan peserta kurang lebih 1500 orang untuk area Yogyakarta (kalo gak salah karna lupa2 ingat). Jadi tes awal ini dilaksanakan secara bergilir di beberapa kota besar, yaitu Jogja, Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan, dll(saya agak lupa) dengan peserta kurang lebih 1000-3000an pada setiap kota nya. Sebelum tes, kita diberi pengarahan terlebih dahulu mengenai company profile dan gambaran mengenai hak-hak apa saja yang kita dapatkan apabila menjadi karyawan muamalat(termasuk gaji) konsekuensi apa yang tidak boleh dilanggar, diantaranya, dilarang menikah pada 10 bulan pertama dan ikatan dinas selama 5 tahun, tidak boleh menikah dengan sesama karyawan Muamalat, kalo dilanggar, denda 100 juta. Tes awal ini berisi mengenai pengetahuan awal kita mengenai perbankan dan agama Islam dasar. Tidak masalah bagi saya karena kita bisa mencari materi ini di beberapa sumber internet(karena sifatnya masih sangat umum) dan agama Islam dasar seperti rukun Islam, Iman, dan Haji. Alhamdulillah saya lolos tes awal, setelah seharian menunggu hasil. Hasil langsung di pajang di dinding pada sore harinya.

3.  Walk in interview

Selanjutnya adalah interview awal dengan manager area. Sebenarnya saya sedikit nervous, pertanyaannya kurang lebih mengenai personality kita secara umum, kelebihan, kekurangan, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, dll. Awalnya, beliau mengajak berbicara dengan bahasa inggris, tapi tenang aja, kalau kesulitan kita boleh menggunakan bahasa Indonesia kok. hehehe. Saran saya sebelum interview, persiapkan baik2, browsing di internet mengenai pertanyaan umum yang mungkin diberikan. Saat ditanya kelebihan, jangan jawab dengan jawaban yang terlalu umum dan abstrak. Misal, jujur, pekerja keras, motivasi tinggi. Tapi jawablah dengan contoh2 kasus/kejadian real. Tentunya jangan berlebihan, karna biasanya interviewer tau kalo kita lagi boong. Dan Alhamdulillah… kalo tidak salah seminggu kemudian (apa sebulan kemudian ya) saya mendapat sms dan email dari Pak Assepudin HRD yang menyatakan bahwa saya lolos seleksi dan berhak ke tes selanjutnya

4. Psikotes

Psikotes dilaksanakan di STIM AMP YKPN Ruang S1E, Jl. Palagan Tentara Pelajar Km.7. dari email yang saya dapatkan, berisi keterangan di bawahnya seperti ini :

“Sehubungan dengan proses seleksi tersebut kami mengharapkan kehadiran sdr/i 15 menit sebelum acara dimulai. DIMOHON MEMBAWA :

1.       Alat Tulis Lengkap (Pensil HB dan 2B).
2.       Menunjukkan print out body text ini atau menunjukan sms undangan psikotest kepada panitia psikotest.”
Seharusnya di email itu ada keterangan tambahan, dimohon untuk sarapan dahulu -_- apesnya saya gak sarapan waktu itu

Karena terus terang ya, ini pengalaman psikotes terberat yang pernah saya kerjakan dari bberapa psikotes yang lain. buat temen2, siapin fisik dan mental sebelum melakukan tes ini. Karna fisik kita bener2 terkuras di tes ini. Sebenernya psikotes ini gak terlalu menyita waktu, hanya  4 JAM, tidak seharian seperti pengalaman saya saat di PT PTI. Tetapi selama 4 jam ini kita benar2 di drill dengan serangkaian test yang hampir tidak ada jeda sama sekali. Jadi pada psikotest ini kita diberi serangkaian tes mulai dari logika, gambar, bangun, dll. (menurut saya ini cukup mudah tapi waktu nya terlalu singkat). Selsei satu sesi tarik ganti soal, selsei tarik ganti soal, begitu seterusnya selama 4 jam nonstop. Di saat ini saya juga merasa berkunang2 dan tangan saya gemeteran. Ke toilet aja gak sempet :D

Kemudian di akhir psikotes kita diminta untuk menjawab soal interview tertulis, yang kurang lebih pertanyaannya

Pernahkah anda diminta untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan prinsip anda? Apa yang anda lakukan?
Sebutkan kelebihan dan kekurangan anda?
Bagaimana?
Dll… tidak perlu saya tulis semua yah,,,, kira2 sekitar 8-10 pertanyaan. Dan Alhamdulillah, tes pun selesai, kita diminta menunggu hasilnya agar dapat meneruskan ke interview psikolog. Saya tunggu sampai malam, dan akhirnya… nama saya tertulis lagi untu mengikuti interview selanjutnya.

 5. Interview psikolog

Paginya, saya datang lagi di ruangan yang sama. Disana terdapat beberapa psikolog yang akan memanggil kita sesuai dengan nomor urut yang diberikan. Mengulang pengalaman interview dengan manager area, saya nervous lagi. Tapi kata Agnes monica nervous itu kan bagian dari rasa tanggung jawab yah? Iya kah?

Interview ini kurang lebih hamper sama dengan manager area, tapi pertanyaannya lebih mendetail.  Dan , jangan coba2 bohong saat interview ini, karena pasti ketauan. Jangan lupa latian, dan berdoa pastinya supaya lidah kita dilancarkan. Jadi diri sendiri tapi tonjolkan nilai positif kita.

Mungkin akan mudah bagi kita saat kita ditanya tentang kelebihan kita, wah, banyak sekali. Tapi sulit apabila kita ditanya mengenai kekurangan kita. Saran saya lagi, jangan ceritakan kekurangan anda yang sifatnya fatal, misalkan : “saya tidak bisa bekerja dalam kondisi tertekan” itu jelas fatal ! atau : “saya tidak bisa mengerjakan banyak hal dalam 1 waktu” itu juga fatal ! ada lagi yang lain misalnya : “saya kurang teliti dalam mengerjaan ini dan ini” haduh… ke laut aja deh, melamar di bank kok gak teliti. Sebutkan aja kekuranganmu (yang tentunya sangat banyak, tapi gak mungkin kita buka2an di depan interviewer kan) yang tidak mengganggu missal :”saya ini agak pelupa, tapi jangan khawatir saya sadar sehingga saya membawa note kecil kemanapun saya pergi dan saya selalu pasang reminder di HP saya”. Atau “saya suka nervous menghadapi orang baru, jadi sejak kuliah saja ikut organisasi supaya lebih PD”. Nah…. Kekuranganmu malah bisa jadi kelebihan kan? Yeyeyeyeye…

Alhamdulillah, pada tes ini saya selamat lagi.

6. Tes Kemampuan Bahasa Inggris (EPT)

Pada test ini mualamat bekerja sama dengan LIA. Bagi peserta yang sudah memiliki nilai TOEFL yang masih berlaku, gak perlu mengikuti test ini lagi dan cukup mengirimkan hasil test nya saja.

Sebenernya ini test yang paling aku takutin, kenapa juju raja bahasa inggrisku pas2an :p tapi yasudah, berbekal bismillah dan belajar kebut semalam. Kebetulan saya browsing dan dapet buku Longman. Lumayan cukup membantu J tapi jangan ditiru ya teman, persiapkan diri kalian jauuh2 hari. Hehehe. Kemudian akhir test ini diakhiri dengan interview bahasa inggris. Alhamdulillah, berkat doa orang tua juga, lidah ini lancar aja waktu interview. Interview English ini intinya kita bercakap2 sama interviewernya pake topik2 sederhana yang disediain, misalnya hobi, hewan kesayangan, dll.

Setelah menunggu 1 bulan,, yeeeeeeeyyyyyy, Alhamdulillah saya lolos lagi ke tahap selanjutnya J

7.Interview Division Head

Untuk kesekian kalinya… kita bertemu lagi dengan tahapan interview, kali ini dengan Kepala divisi. Interview dilakukan Bank Muamalat Cabang Yogyakarta Jl. Mangkubumi No. 50 (antara Tugu – Malioboro). Sumpah nervous. Entah kenapa saya selalu nervous sebelum mulai interview. Dan disini saya gak persiapan apa Cuma sedikit flashback aja mengenai perbankan syariah.

Kita masuk ke ruangan berdua. Saya agak lupa, tapi interviewernya seorang ibu kepala divisi. Saya masuk berdua sama peserta lain. disini kita lebih banyak ngobrol ringan, kehidupan pribadi, dan beliau Cuma bertanya tentang pertanyaan2 umum. Saran saya, disini kalian jangan terlalu ingin menonjol. Karna waktu sharing pengalaman sama temen, dia masuk berdua sama peserta lain, saat ditanya, dia jawab panjang lebar, prestasi2, pengalaman2, potensi2, dan hasilnya, dia gugur. Tahan diri kalian, jawab secukupnya, tetep rendah hati J

Akhirnya, sebulan kemudian hasil keluar, dan saya lolos
Alhamdulillah

8. Tes Kesehatan (Medical Check Up)

Kali ini Muamalat bekerja sama dengan Laboratorium Klinik CITO Jl. Atmo Sukarto No.4, Kota Baru. MCU nya yang paling dasar kok, kaya cek darah, urin, rongen, tinggi berat badan, mata. Kira2 jam 13.00 udah kelar. Oh iya, jangan lupa puasa ya sebelumnya.

Alhamdulillah, setelah mengikuti serangkaian test, akhirnya pada bulan januari 2013, dinyatakan lolos dalam proses seleksi MODP dan berhak untuk dapat mengikuti  inclass training program MODP Bank Muamalat Indonesia Angkatan 30-37 tahun 2012-2013, melalui email dan telepon, namun sayang saat itu saya sudah bekerja di perusahaan lain dengan berbagai pertimbangan. Walaupun begitu, pengalaman seleksi MODP selama 3 bulan ini memberiku banyak pelajaran berharga, dan teman baru pastinya :)

maaf apabila banyak kesalahan dalam catatan ini, karena peristiwa ini sudah hampir setahun yang lalu. Semoga tulisan ini bermanfaat amin ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar